Ribuan barang tertinggal senilai miliaran rupiah ditemukan di kereta api sepanjang Januari-April 2025. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat 4.036 barang pelanggan, termasuk ponsel, laptop, dan perhiasan, berhasil diamankan melalui layanan Lost and Found mereka.
Nilainya bikin geleng-geleng, estimasinya mencapai Rp 4.553.099.912. Dari total barang tersebut, 1.471 di antaranya merupakan barang berharga seperti ponsel, laptop, dompet, perhiasan, dan dokumen penting.
Barang-barang itu tertinggal di berbagai stasiun dan kereta yang dioperasikan KAI.
“Temuan barang ini menunjukkan bahwa mobilitas pelanggan cukup tinggi, dan kadang masih ada yang terlupa membawa seluruh barang bawaannya,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam rilis kepada detiktravel, Jumat (9/5/2025).
Barang-barang tersebut diamankan melalui layanan Lost and Found yang tersedia di stasiun-stasiun KAI. Petugas langsung mendata dan menyimpan barang dengan rapi agar bisa dikembalikan kepada pemilik yang sah.
Pelanggan yang merasa kehilangan barang dapat menghubungi Contact Center 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau langsung ke loket layanan pelanggan di stasiun.
Barang-barang lainnya banyak ditemukan seperti charger, tas, pakaian, botol minum, serta barang-barang kecil lainnya. Namun yang tergolong barang berharga tetap menjadi prioritas untuk segera dikembalikan.
“Kami akan bantu semaksimal mungkin. Asalkan data dan ciri barang sesuai, proses pengambilan bisa dilakukan dengan mudah,” kata Anne.
Selama ini, banyak pelanggan yang berhasil menemukan kembali barangnya dalam waktu singkat setelah melapor.
KAI menekankan bahwa layanan itu tidak dikenakan biaya apa pun. Layanan itu disediakan untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi pelanggan yang bepergian menggunakan kereta api.
Meski begitu, pelanggan tetap diimbau untuk lebih teliti dan memeriksa kembali barang bawaan sebelum turun dari kereta atau meninggalkan area stasiun.
“Kami berkomitmen memberikan layanan yang tanggap dan terpercaya, termasuk dalam hal penanganan barang tertinggal,” ujar Anne.
Layanan Lost and Found menjadi bagian dari upaya KAI dalam meningkatkan pelayanan dan mendukung transportasi publik yang aman, nyaman, dan sustainable.