Cara Lain Singapura Promosikan Destinasi: Lewat Produksi Film

Posted on

Singapura dikenal sebagai salah satu destinasi yang biasa jadi tujuan turis Indonesia ketika melancong ke luar negeri. Menilik pada data dari laman Singapore Tourism Analitic Network, Indonesia menduduki posisi kedua sebagai penyumbang wisatawan terbanyak setelah Negeri Tirai Bambu.

Daya tarik Singapura bukan sekadar atraksi, kuliner, dan mudah diakses dari banyak negara termasuk Indonesia. Tetapi juga pengalaman perjalanan yang sangat mengesankan dari infrastruktur dan fasilitas transportasinya.

Di tahun 2025, mulai dari Januari hingga September sekitar 1,84 juta wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura. Sementara sebagai pemuncak klasemen, dalam periode yang sama, China menyumbang 2,5 juta wisatawan ke Singapura.

Tentunya Indonesia menjadi pasar yang potensial bagi Singapura, oleh karena berbagai inisiatif promosi coba mereka lakukan untuk menggaet wisatawan-wisatawan Indonesia. Salah satunya melalui promosi lintas sektor.

Singapore Tourism Board (STB) mencapai kesepakatan untuk bekerja sama dengan salah satu perusahaan Indonesia di bidang perfilman yakni MD Entertaiment.

Dalam agenda MoU yang dilaksanakan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (6/11/2025) Executive Director Southeast Asia STB, Terrence Voon, mengatakan kerja sama yang dijalin ini diharapkan mampu mengenalkan destinasi dan pengalaman liburan di Singapura untuk masyarakat Indonesia.

“Kolaborasi ini memungkinkan kami menyajikan Singapura dengan cara yang dapat terhubung dengan penonton Indonesia. Kami berharap film ini dapat meningkatkan minat wisata dan memperkuat hubungan dengan Indonesia sebagai pasar pengunjung terbesar kami di Asia Tenggara,” ujarnya.

Promosi destinasi di Singapura itu akan hadir pada latar film yang bertajuk ‘Ahlan Singapura’. MD Entertaiment menggunakan beberapa tempat ikonik di Singapura sebagai latar produksi film tersebut.

Salah satunya yang baru dibuka pada tahun ini adalah Singapore Oceanarium yang dibuka bulan Juli lalu. Voon menginginkan pengalaman liburan di Singapura ini bukan sekadar tamasya saja, tetapi juga melibatkan perasaan sehingga berdampak liburan pun terasa berkesan.

“Film ini akan menampilkan berbagai lokasi Singapura dari yang populer hingga yang belum banyak dikenal, serta atraksi-atraksi terbaru kami,” lanjut Voon.