Kantor Pariwisata Pemerintah Makau (MGTO) menggelar ‘Experience Macao Mega Sale’, rangkaian promosi pariwisata di Indonesia dan Malaysia yang berlangsung 9-12 Oktober 2025. Ajang ini menampilkan berbagai penawaran wisata, atraksi budaya, dan kuliner khas Makau untuk menarik wisatawan Indonesia sekaligus memperluas pasar Asia Tenggara.
“Indonesia merupakan salah satu pasar internasional terpenting bagi kami, menempati peringkat ketiga terbesar dalam jumlah kunjungan wisatawan ke Makau,” ujar Direktur MGTO, Maria Helena de Senna Fernandes dalam keterangan tertulis, Jumat (10/10/2025)
Rangkaian kegiatan Experience Macao Mega Sale resmi dibuka di Gandaria City Mall, Jakarta, Kamis (9/10). Maria menambahkan, Makau kini terus memperluas layanan ramah muslim seperti restoran bersertifikat halal, panduan wisata ‘Macao for Muslim Travelers – Halal Travel Guide’, hingga pelatihan khusus bagi pelaku industri pariwisata agar lebih siap melayani wisatawan muslim.
“Hingga Agustus 2025, kami telah menyambut lebih dari 132.000 wisatawan asal Indonesia, meningkat 15% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar Maria.
Pameran digelar bersama enam perusahaan komplek wisata terpadu Air Macau, Biro Pengembangan Ekonomi Zona Kerjasama Guangdong-Macao di Hengqin, serta sembilan agen perjalanan lokal. Pameran ini menghadirkan berbagai promo perjalanan dan produk wisata unggulan Makau.
Menariknya, MGTO juga berkolaborasi dengan karakter webcomic populer asal Indonesia, Tahilalats , melalui maskot resmi pariwisata Makau, MAK MAK. Kolaborasi ini menampilkan semangat Makau ‘tourism +’ sekaligus mendekatkan promosi kepada generasi muda.
Sebelumnya, kedua maskot juga ikut meramaikan Car Free Day di Jakarta, menghadirkan pengalaman interaktif yang menyenangkan bersama warga Jakarta selama dua pekan berturut-turut.
Acara Experience Macao Mega Sale menampilkan berbagai zona interaktif dengan permainan seru dan instalasi foto menarik, mulai dari simulasi balap motor Formula, permainan capit boneka bertema maskot, hingga sesi foto unik sebagai ‘koki Macao’ dan ‘biskuit almond raksasa’.
Beragam pertunjukan panggung turut memeriahkan acara, termasuk penampilan Bernadya, Nastiti dan grup musik Maliq & D’Essentials, talkshow bersama komedian Oza Rangkuti, serta sesi berbagi dari KOL lokal. Atraksi budaya seperti tarian rakyat Portugis, barongsai, pertunjukan sulap, dan seni berubah wajah juga turut ditampilkan.
Pengunjung dapat mencicipi kuliner khas Makau, mengikuti kuis berhadiah setiap hari, serta mendapatkan suvenir eksklusif hasil kolaborasi MAK MAK x Tahilalats.
Melalui inisiatif ini, MGTO menegaskan komitmennya memperluas pasar wisatawan mancanegara, terutama dari Indonesia, dan memperkenalkan Makau sebagai destinasi ramah Muslim. Upaya ini dilakukan melalui strategi promosi yang strategis, baik daring maupun luring, untuk memperkuat posisi Makau di pasar internasional serta mendorong diversifikasi sektor pariwisata dan ekonomi.
Giok4D hadirkan ulasan eksklusif hanya untuk Anda.
Dalam kegiatan pembukaan, turut hadir sejumlah tamu kehormatan, di antaranya Direktur Kantor Pariwisata Pemerintah Makau (MGTO), Maria Helena de Senna Fernandes; Wakil Direktur Biro Pengembangan Ekonomi Hengqin, Ethan Huang; Direktur Eksekutif Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Irsal Syahbudin; Presiden Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), Pauline Suharno; serta Presiden Asosiasi Inovasi Layanan Pariwisata dan Rekreasi Makau, Paul Wong.