Kereta Cepat Whoosh Catat Rekor Jumlah Penumpang Harian 25 Ribu Orang

Posted on

Kereta Cepat Whoosh mencetak rekor baru dengan jumlah penumpang harian menembus angka 25 ribu orang. Pencapaian itu menunjukkan meningkatnya minat masyarakat terhadap moda transportasi cepat dan efisien tersebut.

Rekor itu dicatatkan pada Sabtu (10/5/2025), sebanyak 25.316 penumpang tercatat menggunakan layanan Whoosh dalam satu hari. Angka itu menjadi catatan tertinggi jumlah penumpang sejak Whoosh dioperasikan secara komersial, melampaui rekor sebelumnya sebesar 24.350 penumpang yang terjadi pada 27 Januari 2025.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pengguna Whoosh atas kepercayaan dan antusiasme yang terus meningkat.

“Sejak awal beroperasi pada okt 2023 Whoosh telah mengangkut 9,2 juta penumpang, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memilih Whoosh sebagai moda transportasi publik untuk beraktifitas. Pencapaian ini menjadi bukti bahwa Whoosh semakin menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mobilitas yang cepat, nyaman, dan modern,” ujar Eva dalam rilis kepada detikTravel, Minggu (11/5).

Rekor jumlah penumpang ini terjadi bertepatan dengan momentum akhir pekan dan libur nasional serta cuti bersama Raya Waisak. Banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan Whoosh untuk melakukan perjalanan liburan bersama keluarga, baik menuju Bandung, Jakarta, maupun Karawang.

Peningkatan penumpang sendiri mulai terlihat sejak Jumat (9/5) tercatat sebanyak 22 ribu penumpang dalam satu hari.

Sejak Februari 2025, KCIC secara konsisten mengoperasikan 62 perjalanan Whoosh setiap harinya. Jadwal perjalanan untuk rute Jakarta-Bandung maupun sebaliknya tersedia setiap 30 menit sekali, sedangkan perjalanan dari dan menuju Karawang tersedia setiap satu jam sekali.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan selama masa libur panjang, KCIC sebelumnya telah menambah loket layanan di Stasiun Halim dan Padalarang, serta menyiagakan 50 petugas pelayanan tambahan yang bertugas secara mobile untuk membantu penumpang di berbagai titik layanan.

Selain itu, guna menunjang kenyamanan seluruh penumpang termasuk keluarga dan lansia, KCIC juga menghadirkan fasilitas ramah anak seperti ruang menyusui, area bermain, lift, dan water station di stasiun. Sementara itu, bagi lansia dan penumpang dengan kebutuhan khusus, tersedia toilet khusus, kursi prioritas, lift, eskalator, dan kursi roda yang dapat dimanfaatkan di setiap stasiun dan kereta.

“KCIC akan terus menghadirkan layanan terbaik selama periode libur panjang akhir pekan ini agar seluruh penumpang dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bersama Whoosh,” kata Eva.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *