Sepanjang tahun 2024, lebih dari 20 juta jemaah mendapat pelayanan prima di Masjidi Haram. Data ini diungkapkan oleh Otoritas Masjidil Haram Arab Saudi.
Dilansir dari SPA (Saudi Press Agency), Senin (21/7/2025), Otoritas Masjidil Haram dan Masjid Nabawi melaporkan lebih dari 20 juta jemaah telah menerima layanan canggih dari mereka sepanjang tahun 1446 Hijriah.
Tercatat, lebih dari 17 juta jemaah telah menggunakan layanan panduan arah Masjidil Haram yang sudah disediakan oleh otoritas.
Selain itu, tercatat lebih dari 3,66 juta botol berisi air zamzam telah didistribusikan untuk para jemaah dari berbagai belahan dunia.
Otoritas Masjidil Haram juga menyediakan layanan kereta dorong bagi jemaah yang mengalami gangguan kesehatan. tercatat lebih dari 3,28 juta orang telah memanfaatkan layanan tersebut.
Jutaan orang jemaah yang mengunjungi Masjidil Haram juga menghasilkan sampah dengan jumlah yang fantastis. Total lebih dari 9.700 ton sampah disingkirkan dari sekitar Masjidil Haram dan halamannya oleh petugas kebersihan yang bekerja di sana.
Terakhir, total ada lebih dari 227.000 jemaah menggunakan layanan penyimpanan bawang bawaan di Masjidil Haram. Jemaah juga memanfaatkan layanan tahalul di masjid. Ada lebih dari 525.000 jemaah yang menerima layanan tersebut.