10 Kesalahan Traveler Saat Booking Penginapan Online

Posted on

Booking online menjadi pilihan para traveler ketika menyiapkan akomodasi perjalanan. Apalagi layanan booking penginapan kerap memberikan diskon, promo, dan fasilitas tambahan. Tentunya, keistimewaan hanya berlaku juka traveler tidak melakukan kesalahan saat booking.

10 Kesalahan Saat Booking Penginapan Online

Dikutip dari situs Scotland Itinerary Planning dan Hotel Holy Vivasa, berikut kesalahan pesan pennginapan secara daring

1. Tidak membaca review dan rating (pemeringkatan)

Kesalahan ini adalah salah satu yang terbesar dan sering dilakukan traveler. Pemesan biasanya fokus pada harga dan lokasi, namun mengabaikan pengalaman langsung para konsumen yang pernah menginap di sana. Padahal review (ulasan) memberikan info penting terkait fasilitas dan layanan penginapan.

Cara menghindari:

2. Pesan non-refundable tanpa mempertimbangkan ada perubahan

Penawaran kamar non-refundable mungkin bisa menghemat uang, namun bayarannya bisa sangat mahal bila ada perubahan rencana. Banyak traveler terburu-buru memesan hotel online tanpa mempertimbangkan fleksibilitas booking hotel,

Cara menghindari:

3. Mengabaikan pajak dan biaya lain

Pihak hotel biasanya melakukan strategi marketing dengan mengiklankan layanan dengan harga murah, tanpa menyertakan pajak dan biaya lain. Traveler yang terjebak harus membayar lebih tinggi, setelah menyertakan pajak dan biaya lain. Kesalahan ini kerap bikin traveler frustasi dengan diri sendiri.

Cara menghindari:

4. Tidak memeriksa lokasi hotel

Hotel biasanya hanya mengatakan ‘dekat; dengan destinasi wisata, tanpa menjelaskan jarak yang sebenarnya. Asumsi traveler kerap kali salah, karena lokasi hotel ternyata jauh dari spot wisata atau kurang akses kendaraan umum.

Cara menghindari:

5. Tidak memeriksa amenities dan layanan hotel

Tidak semua hotel menyediakan level pelayanan sama, termasuk untuk barang yang bisa dibawa pulang dan habis pakai (amenities). Traveler harus memeriksa dengan tepat terkait ketersediaan Wi-Fi, parkir, sarapan, dan servis lain.

Cara menghindari:

6. Memesan lewat situs yang tidak bisa dipercaya

Traveler jangan sampai order hotel lewat situs yang tidak bisa dipercaya dan terverifikasi, meski menawarkan harga murah. Traveler berisiko kena tipu dan kehilangan uang karena situs yang tidak bertanggung jawab.

Cara menghindari:

Kesalahan lain yang kerap dilakukan adalah

7. Hanya mempertimbangkan harga

Kesalahan ini berisiko menyebabkan traveler terjebak dalam strategi hotel, hingga harus membayar lebih mahal. Harga murah yang diinfokan pihak hotel ternyata tidak mencakup pajak dan biaya lain.

8. Salah pesan

Traveler yang terburu-buru atau tidak mengecek kembali sebelum benar-benar booking, berisiko melakukan kesalahan ini. Pastikan untuk membaca kembali cek dan kondisi sebelum pesan. lokasi, dan nama hotel yang dituju hingga akhirnya booking.

9. Tidak cek paket bundling

Traveler yang ingin staycation wajib mengecek kemungkinan pihak hotel menyediakan paket bundling. Paket yang menyertakan sarapan, spa, gym, dan layanan lain memungkinkan pemesan menikmati semua layanan hotel dengan harga terjangkau.

10. Tidak cek jam check-in dan check-out

Traveler jangan sampai datang terlalu cepat hingga harus menunggu lama, sebelum bisa masuk kamar. Traveler juga harus keluar tepat waktu sebelum dikenakan biaya tambahan.